Sistem Pencernaan (1) : Jenis dan Fungsi Bahan Makanan dan Vitamin

Posted on
Posting ini sudah dibaca 17224 kali

Yang dimaksud dengan makanan adalah semua bahan yang diperlukan oleh tubuh supaya dapat tetap hidup dengan normal dan sempurna. Agar tetap sehat, makanan yang dimakan setiap hari harus memenuhi syarat-syarat kesehatan.

Makanan diperlukan oleh tubuh untuk berbagai tujuan, misalnya untuk menghasilkan energi, sebagai bahan pembentuk sel tubuh, untuk menambah cairan tubuh, dan sebagainya. Makanan yang dikonsumsi idealnya mengandung karbohidrat, lemak, protein, air, mineral, dan vitamin.

Fungsi Makanan Bagi Tubuh Manusia

  • untuk menghasilkan energi
  • untuk mengganti sel-sel yang telah usang atau rusak
  • untuk pertumbuhan dan pembentukan tubuh
  • sebagai zat pelindung dalam tubuh, antara lain dengan cara menjaga keseimbangan cairan tubuh

Jenis dan Fungsi Bahan Makanan dan Vitamin

Tubuh kita memerlukan unsur-unsur atau zat-zat makanan yang perlu untuk kesehatan dan pertumbuhan, yaitu:

a.    Air

Air berfungsi untuk melarutkan zat-zat makanan, untuk mengangkut zat-zat makanan dari jaringan yang satu ke jaringan yang lain, serta untuk mengangkut sisa metabolisme dari jaringan ke sistem ekskresi. Oleh karena itu, air merupakan kebutuhan vital.

b.    Protein

Protein adalah senyawa organik kompleks yang tersusun atas unsur-unsur C, H, O, N, dan kadangkala mengandung unsur S dan P. Komponen dasar dari protein adalah senyawa organik sederhana yang disebut asam amino. Asam amino dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

  • Asam amino esensial atau asam amino utama: yaitu asam amino yang sangat diperlukan oleh tubuh dan harus didatangkan dari luar tubuh manusia, sebab sel-sel tubuh manusia tidak mampu mensintesisnya. Yang termasuk asam amino esensial adalah: lisin, triptofan, isoleusin, threonin, histidin, valin, metionin, leusin, dan fenilalanin
  • Asam amino nonesensial, yaitu asam amino yang dapat disintesis oleh tubuh sendiri. Contohnya: alanin, sistein, glisin, prolin, tirosin, dan lain sebagainya.

Protein yang kita butuhkan dapat berasal dari hewan dan tumbuh-tumbuhan. Yang berasal dari hewan disebut protein hewani, sedangkan yang berasal dari tumbuhan disebut protein nabati. Protein yang berasal dari hewan antara lain telur, susu, keju, dan ikan yang disebut First Class Protein, sebab bahan tersebut mengandung kesepuluh asam amino esensial.
Protein diperlukan tubuh karena protein tersebut mempunyai beberapa fungsi, yaitu:

  • membangun sel-sel yang telah rusak
  • membentuk zat-zat pengatur seperti enzim dan hormon
  • membentuk antibodi
  • bahan pembentuk senyawa asam amino lainnya
  • sebagai sumber energi, 1 gram protein menghasilkan 4,1 kalori
c.     Lemak

Lemak adalah senyawa organik yang tersusun atas unsur-unsur C, H, dan O. Komponennya adalah asam lemak dan gliserol.
Fungsi lemak adalah:

  • sebagai penghasil kalori. Satu gram lemak menghasilkan 9,4 kalori
  • sebagai pelarut vitamin A, D, E, dan K
  • sebagai pelindung alat-alat tubuh dan sebagai pelindung tubuh dari suhu rendah

Bahan makanan yang banyak mengandung lemak adalah makanan yang berasal dari hewan, misalnya: daging, keju, mentega, susu, telur, ikan, dan lain sebagainya. Sedangkan makanan dari tumbuhan yang banyak mengandung lemak antara lain: kelapa, kacang-kacangan, kemiri, dan lain sebagainya.

d. Karbohidrat

Unsur penyusun karbohidrat adalah C, H, dan O. Di dalam tubuh karbohidrat berfungsi sebagai:

  • sumber kalori. Setiap satu gram karbohidrat menghasilkan 4,1 kalori
  • bahan penyusun senyawa organik lainnya, seperti protein, dan lipida
  • penjaga keseimbangan asam dan basa

Karbohidrat dapat disimpan di dalam tubuh sebagai glikogen. Karbohidrat dan lemak merupakan sumber energi utama bagi tubuh kita. Karbohidrat hanya berasal dari tumbuh-tumbuhan, misalnya: beras, jagung, gandum, gula, kentang, umbi-umbian, buah-buahan, dan lain sebagainya.

e. Vitamin

Daftar lengkap berbagai jenis vitamin dan fungsinya bisa dilihat di sini.

Gravatar Image
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru / tentor pelajaran Biologi SMA. Ia juga seorang blogger aktif yang telah banyak menulis berbagai tutorial tentang blogging, komputer, dan teknologi. Karena kesibukannya mengurusi berbagai bisnis online, ia telah beristirahat dari kegiatan mengajar. Namun karena kecintaannya terhadap pelajaran Biologi, ia masih menyempatkan diri mengelola Biologi Media Centre ini.