65 Comments

  1. terima kasih atas pengetahuannya

    Nuriezt Clalu T'senyumm
  2. makasih,atas artikelnya yang sangat bermanfaat..

  3. memang tak mudah untuk menentukan asal usul kehidupan.
    semuanya karana kuasa sang pencipta.

  4. memang tak mudah untuk menentukan asal usul kehidupan.
    semuanya karana kuasa sang pencipta.

  5. memang tak mudah untuk menentukan asal usul kehidupan.
    semuanya karana kuasa sang pencipta.

  6. memang tak mudah untuk menentukan asal usul kehidupan.
    semuanya karana kuasa sang pencipta.

  7. memang tak mudah untuk menentukan asal usul kehidupan.
    semuanya karana kuasa sang pencipta.

  8. memang tak mudah untuk menentukan asal usul kehidupan.
    semuanya karana kuasa sang pencipta.

  9. memang tak mudah untuk menentukan asal usul kehidupan.
    semuanya karana kuasa sang pencipta.

  10. memang tak mudah untuk menentukan asal usul kehidupan.
    semuanya karana kuasa sang pencipta.

  11. mudah mudahan saya bukan katak dalam kitab suci.
    bagi sebagian besar ilmuwan tersebut, tidak masalah orang lebih percaya kepada penciptaan seperti di kitab kitab suci.

    sikap saya seperti di atas, menolak menerima mentah mentah teori penciptaan seperti di kitab kitab suci supaya tidak memakai kacamata kuda atau menjadi katak di dalam kitab suci

    1. Author

      Sip mbak sis. Saya juga gitu :)
      Ilmu pengetahuan, terutama sain, sifatnya adalah open dan obyektif. Karena itu tidak selayaknya dibatasi oleh kacamata kuda berupa dogma dan agama !
      Itu sebabnya negara2 yang sangat agamis perkembangannya sain sering sangat tertinggal :(

  12. Memang, pendekatan ilmiah itu kan sebenarnya hanya upaya manusia untuk mempelajari fenomena alam saja, dan masalah penciptaan mahluk hidup dan fenomena lainnya yang sulit dipecahkan ilmiah, hanya menjadi rahasia Tuhan. Sains adalah budaya manusia untuk mempelajari alam, tapi yang salah adalah menganggap sains sebagai agama.

  13. menarik sekali utk teori asal usul penciptaannya. memang kalau di perdebatkan tidak pernah akan ada habisnya, karena semua tergantung pada keyakinan masing2. org yg yakin bahwa alam semesta di ciptakan oleh Tuhan, akan terus mencari alasan utk menyanggah teori2 asal usul kehidupan yg mengacu pada adanya evolusi dalam proses kehidupan.

  14. semua nya ada didalam al-qur'an .. sudah dijelaskan . tinggal manusianya saja yg memahami dan menela'ah maksud dari penjelasan al-qur'an ..

    Findyhayria Screamofdeathmelodicpoppunk
  15. semua nya ada didalam al-qur'an .. sudah dijelaskan . tinggal manusianya saja yg memahami dan menela'ah maksud dari penjelasan al-qur'an ..

    Findyhayria Screamofdeathmelodicpoppunk
  16. semua nya ada didalam al-qur'an .. sudah dijelaskan . tinggal manusianya saja yg memahami dan menela'ah maksud dari penjelasan al-qur'an ..

    Findyhayria Screamofdeathmelodicpoppunk
  17. semua nya ada didalam al-qur'an .. sudah dijelaskan . tinggal manusianya saja yg memahami dan menela'ah maksud dari penjelasan al-qur'an ..

    Findyhayria Screamofdeathmelodicpoppunk
  18. semua nya ada didalam al-qur'an .. sudah dijelaskan . tinggal manusianya saja yg memahami dan menela'ah maksud dari penjelasan al-qur'an ..

    Findyhayria Screamofdeathmelodicpoppunk
  19. semua nya ada didalam al-qur'an .. sudah dijelaskan . tinggal manusianya saja yg memahami dan menela'ah maksud dari penjelasan al-qur'an ..

    Findyhayria Screamofdeathmelodicpoppunk
  20. semua nya ada didalam al-qur'an .. sudah dijelaskan . tinggal manusianya saja yg memahami dan menela'ah maksud dari penjelasan al-qur'an ..

    Findyhayria Screamofdeathmelodicpoppunk
  21. semua nya ada didalam al-qur'an .. sudah dijelaskan . tinggal manusianya saja yg memahami dan menela'ah maksud dari penjelasan al-qur'an ..

    Findyhayria Screamofdeathmelodicpoppunk
  22. secara logika: “segala sesuatu pasti ada penciptanya” seperti pensil saja-aku yakin pensil itu ada yg mmbuatnya mskipun aku gk tau orang yg mmbuatnya spt apa,. dan alam semesta ini pun pasti ada penciptanya,

    1. Author

      Maksudnya bukti tentang apa non? Kalau yang dimaksud adalah bukti munculnya kehidupan dari hasil eksperimen, jelas gak ada dan mungkin gak akan pernah bisa. Tampaknya ada miskonsep pada mindset non Dinda.
      1. Segala macam upaya untuk mencari tahu asal kehidupan sampai sekarang hanya didasarkan pada logika, analogi, dan data empiris, dengan membandingkan kemungkinan keadaan bumi dan atmosfer pada saat kondisi awal pembentukan bumi. Apakah prakiraan kondisi pada saat awal bumi tercipta memang mendekati kenyataannya? Belum tentu.
      2. Perkembangan kehidupan dari makhluk bersel satu paling sederhana hingga ke makhluk yang paling kompleks seperti kita membutuhkan waktu jutaan tahun atau lebih. Apakah kita bisa melakukan eksperimen dalam rentang waktu sekian lama? Gak bisa. Kalau percaya pada teori Evolusi, lantas apakah teori evolusi memang bisa menjawab penciptaan/perubahan jutaan spesies makhluk hidup tersebut? Gak bisa.
      3. Sampai sekarang skup penelitian untuk berusaha menjawab asal mula kehidupan ternyata fokus pada masalah bagaimana DNA pertama terbentuk serta banyak mengacu ke konsep sintesis protein. Ternyata dari hasil eksperimen (seperti yang dilakukan oleh Stanley Miller, Sidney W. Fox, dan terakhir NASA) sampai saat ini baru bisa menghasilkan bahan organik dan komponen penyusun DNA. Ini cuplikan eksperimen yang dilakukan NASA:

      Hasil pengujian yang dilakukan sungguh mengagetkan! Dengan menggunakan H2S, asam amino yang dihasilkan jauh lebih banyak dibandingkan penelitian-penelitian sebelumnya. Total diperoleh 22 jenis asam amino dan 10 jenis di antaranya belum pernah ditemukan dalam percobaan serupa. Salah satu dari asam amino tersebut, metionin, berperan besar dalam kode genetik. Metionin menginformasikan pada sel untuk menerjemahkan suatu desain menjadi protein.

      4. Sampai sekarang asal usul kehidupan masih menjadi misteri bagi manusia, dan menjadi rahasia Tuhan. Meskipun para tokoh Fisika teoritis yang punya otak luar biasa genius seperti Hawking dan Mlodinow meyakini bahwa kehidupan tercipta semata karena proses alam, namun banyak sekali misteri kehidupan yang belum bisa dijelaskan dan tampaknya malah masuk ke ranah penciptaan atas kuasa supranatural.

      Jadi, bukti apalagi yang non Dinda inginkan? Kalau ingin bukti keajaiban penciptaan kehidupan, maka non Dinda sendirilah buktinya …

Comments are closed.