Daftar ISI BMC

open all | close all

Ingin tanya sesuatu tentang pelajaran Biologi? Klik aja link di bawah ini!

Ingin berlangganan artikel BMC?

Daftarkan email Anda. Notifikasi akan dikirim setiap ada artikel baru.

Masukkan email Anda:

Delivered by FeedBurner

     Science Blogs Protected by Copyscape Online Plagiarism Tool

Perkembangan baru teori asal-usul kehidupan

ID MOBILETABLETS HONOR3C SET1 468x60 08082014 Perkembangan baru teori asal usul kehidupan Perkembangan baru teori asal usul kehidupan

BMC – Ada berbagai teori dan percobaan mengenai asal-usul kehidupan. Dalam buku The Grand Design (2010), fisikawan Stephen Hawking bersama Leonard Mlodinow menjelaskan tentang penciptaan ini. Menurut mereka tata surya dapat membentuk dirinya sendiri karena ada hukum alam, seperti gravitasi. Maka, penciptaan spontan adalah sumber adanya ’sesuatu’ dan bukan kehampaan, adanya alam semesta dan adanya kita. Jika fisikawan sekaliber Stephen Hawking bilang begitu, maka teori generatio spontanea yang menjelaskan bahwa makhluk hidup muncul secara mendadak rasanya patut dikaji ulang.

 Perkembangan baru teori asal usul kehidupan

Sebelumnya, para ahli biokimia dan biologi modern sudah merumuskan berbagai teori dan menguji coba di laboratorium. Salah satu yang fenomenal adalah uji laboratorium yang dilakukan Stanley Miller, kandidat doktor di University of Chicago, Amerika Serikat, tahun 1953. Miller merekonstruksi kemungkinan kondisi atmosfer bumi purba dengan cara mencampur hidrogen, air, metana, dan amonia dalam bejana dan memanasinya selama seminggu. Seminggu kemudian ketika hasil percobaannya dianalisa menggunakan kromatografi, ia menemukan endapan senyawa organik penyusun kehidupan yang sangat terkenal: asam amino!

Ragam asam amino itu—glisin, alanin, aspartik, dan glutamik—adalah unsur dasar pembentuk protein, penyusun struktur sel, dan berperan penting dalam reaksi biokimia yang dibutuhkan kehidupan.

Bukti baru

Lembaga Aeronautika dan Antariksa AS (NASA) memublikasikan hasil pengujian terhadap bahan penelitian Miller. Bahan ini, dengan alasan yang tidak pernah diketahui, tidak pernah dicoba sampai Miller meninggal tahun 2007. Bahan ini mengandung hidrogen sulfida (H2S) yang belum pernah digunakan sebelumnya. Secara teori hidrogen sulfida berfungsi menstimulasi kondisi awal atmosfer.

Pages: 1 2 3 4

65 comments to Perkembangan baru teori asal-usul kehidupan

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>