Daftar ISI BMC

open all | close all

Ingin tanya sesuatu tentang pelajaran Biologi? Klik aja link di bawah ini!

Ingin berlangganan artikel BMC?

Daftarkan email Anda. Notifikasi akan dikirim setiap ada artikel baru.

Masukkan email Anda:

Delivered by FeedBurner

     Science Blogs Protected by Copyscape Online Plagiarism Tool

Cara cepat menyelesaikan soal persilangan (1)

ID MOBILETABLETS HONOR3C SET1 468x60 08082014 Cara cepat menyelesaikan soal persilangan (1) Cara cepat menyelesaikan soal persilangan (1)

 Cara cepat menyelesaikan soal persilangan (1)Biologi Media Centre – Pada artikel yang dulu saya telah menuliskan Hukum Mendel I dan Hukum Mendel II. Di sana ada contoh persilangan menggunakan cara default sekolah, yaitu dengan teknik papan catur.

Tahukah kamu bahwa cara ini sangat menyita waktu dan memerlukan ketelitian ekstra untuk memasangkan genotifnya. Belum lagi langkah mengelompokkan genotifnya berdasar persamaan fenotifnya. Jadi cara ini tidak praktis dan tingkat kesalahannya cukup tinggi jika tidak teliti dan telaten.

Mungkin diantara kamu ada yang belum tau bahwa ada cara yang lebih cepat untuk menyelesaikan soal persilangan Mendel. Saya menyebutnya persilangan antar alel. Dengan cara ini bahkan kita tidak perlu lagi mencari gamet dan hasilnya langsung menunjukkan jumlah genotif langsung beserta fenotifnya. Kalau anak bimbel mayoritas tau teknik ini (kecuali tentornya tidak kreatif).

Ok, bagi kamu yang belum tahu beginilah caranya.

Cara cepat menyelesaikan soal persilangan

Saya mengambil contoh persilangan dihibrid (dua sifat beda) karena inilah yang paling sering dibuat soal. Kalau monohibrid terlalu gampang, kalau trihibrid kebanyaken. Gurunya sendiri jadi males ngoreksi  Cara cepat menyelesaikan soal persilangan (1).

Dasar cara ini sebenarnya adalah persilangan monohibrid. Jadi langkah pertama pahami betul dasar persilangan monohibrid ini. Coba perhatikan contoh kemungkinan variasi persilangan monohibrid berikut.

Variasi persilangan monohibrid Hasil persilangan
AA x AA

AA x Aa

AA x aa

Pages: 1 2 3 4

1,490 comments to Cara cepat menyelesaikan soal persilangan (1)

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>