Daftar ISI BMC

open all | close all

Ingin tanya sesuatu tentang pelajaran Biologi? Klik aja link di bawah ini!

Ingin berlangganan artikel BMC?

Daftarkan email Anda. Notifikasi akan dikirim setiap ada artikel baru.

Masukkan email Anda:

Delivered by FeedBurner

     Science Blogs Protected by Copyscape Online Plagiarism Tool

Watson dan Crick sang penemu struktur DNA (2)

banner thera network Watson dan Crick sang penemu struktur DNA (2)

Francis Harry Compton Crick lahir pada tanggal 8 Juni, 1916 di Northampton, Inggris, merupakan anak tertua dari pasangan Harry Crick dan Annie Elizabeth Wilkins. Dia memiliki satu saudara, AF Crick, seorang dokter di New Zealand.

Crick dididik di Northampton Grammar School dan Mill Hill School, London. Dia belajar fisika di University College, London, memperoleh B.Sc. pada tahun 1937, dan memulai penelitian untuk Ph.D. di bawah bimbingan Prof EN da C. Andrade. Tapi saat ini terganggu oleh pecahnya perang pada tahun 1939. Selama perang ia bekerja sebagai ilmuwan untuk Angkatan Laut Inggris, terutama mempelajari kaitan antara magnetik dan akustik.

Dia meninggalkan Angkatan Laut pada tahun 1947 untuk mempelajari biologi.

Crick Watson dan Crick sang penemu struktur DNA (2)
Fracis Crick. Bersama Watson menemukan struktur DNA.

Berbekal beasiswa dari Medical Research Council dan bantuan keuangan dari keluarganya, Crick pergi ke Cambridge dan bekerja di Laboratorium Penelitian Strangeways. Pada tahun 1949 ia bergabung dengan Medical Research Unit dipimpin oleh MF Perutz dan menjadi anggota sejak saat itu. Team ini selama bertahun-tahun bertempat di Laboratorium Cavendish Cambridge, namun pada tahun 1962 pindah ke gedung baru yang besar yaitu Laboratorium Penelitian Konsil Kedokteran Biologi Molekuler. Ia menjadi mahasiswa riset untuk kedua kalinya pada tahun 1950, dan diterima sebagai anggota Caius College, Cambridge, hingga memperoleh gelar Ph.D. pada tahun 1954 dengan sebuah tesis berjudul “Difraksi Sinar-X: Polipeptida dan Protein”.

Pada tahun 1947 Crick tidak mengenal biologi dan praktis tidak memahami kimia organik atau kristalografi, sehingga banyak dari beberapa tahun berikutnya dihabiskan untuk belajar dua mata pelajaran ini. Selama periode ini, bersama-sama dengan W. Cochran dan V. Vand ia bekerja menyusun teori umum difraksi sinar-X terhadap helix, dan pada saat yang sama bersama dengan L. Pauling dan RB Corey, mengajukan hipotesis bahwa pola alpha-keratin merupakan pasangan melingkar alpha-heliks satu sama lain.

Sebuah pengaruh penting dalam karir Crick adalah persahabatan. Dimulai pada tahun 1951 bersahabat dengan JD Watson. Kemudian pada tahun 1953 mereka mengajukan hipotesis mengenai struktur heliks ganda DNA dan skema replikasinya. Dalam beberapa tahun berikutnya Crick, bekerja sama dengan S. Brenner, lebih berkonsentrasi pada bidang biokimia dan genetika yang mengarah ke ide-ide tentang sintesis protein dan kode genetik.

Berikut ini adalah prestasi dan penghargaan yang diterima oleh Crick:

  • Crick membuat F.R.S. pada tahun 1959.
  • Ia dianugerahi Prix Charles Leopold Meyer dari Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis pada tahun 1961, dan Penghargaan of Merit dari Yayasan Gairdner pada tahun 1962.
  • Bersama dengan JD Watson dia menerima Warren Triennial Prize Lecturer pada tahun 1959 dan menerima Penghargaan Research Corporation pada tahun 1962.
  • Dengan JD Watson dan MHF Wilkins ia menjadi kandidat Penghargaan Yayasan Lasker pada tahun 1960.
  • Pada tahun 1962 ia terpilih sebagai Anggota Kehormatan asing dari American Academy of Arts and Sciences, dan Fellow dari University College, London.
  • Dia adalah seorang Fellow dari Churchill College, Cambridge, pada 1960-1961, dan sekarang menjadi Fellow non-penduduk dari Salk Institute untuk Studi Biologi, San Diego, California.

Pada tahun 1940 Crick menikahi Ruth Doreen Dodd. Anak mereka, Michael F. C. Crick adalah seorang ilmuwan. Mereka bercerai pada tahun 1947. Pada tahun 1949 Crick menikah dengan Odile Speed. Mereka memiliki dua anak perempuan, Gabrielle A. Crick dan Jacqueline MT Crick. Keluarga ini  tinggal di sebuah rumah yang disebut “The Golden Helix”, di mana Crick suka rekreasi dan bercakap-cakap dengan teman-temannya.

Francis Crick meninggal pada tanggal 28 Juli 2004.

1 comment to Watson dan Crick sang penemu struktur DNA (2)

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>