Tanaman kentang ini berbuah tomat

Posted on
Posting ini sudah dibaca 5339 kali

Saya tidak tahu harus dinamai apa tumbuhan ini: Kentom atau Tomtang?

Ini adalah tanaman kentang yang juga berbuah tomat, atau sebaliknya, tanaman tomat yang juga ‘berbuah’ kentang. Meski agak aneh, tanaman ini memang berhasil diciptakan sejak bulan September 2013 lalu di Inggris, dan bahkan sekarang sedang dikembangkan di Kenya, Afrika.

Meski tomat dan kentang termasuk famili Solanaceae, mereka tidak dapat dikawinsilangkan (crossbreeding). Namun demikian keduanya bisa dipadukan dengan cara menyambung (okulasi). Batang bagian bawah adalah kentang, sedangkan batang bagian atas adalah tomat.

Tanaman yang dinamai Pomato ini semula dikembangkan oleh perusahaan hortikultura Thompson & Morgan, ternyata memiliki banyak kelebihan, diantaranya dapat meningkatkan efisiensi lahan terutama di perkotaan, karena hemat tempat, hasilnya tidak kalah dengan tanaman normal, dan bahkan teknik penyambungan tersebut ternyata mampu meningkatkan daya tahan tanaman terhadap bakteri, jamur, dan hama lainnya.

Cara membuat

Jika tertarik untuk mencoba melakukan okulasi tanaman ini, caranya sebagai berikut:

  • Pilihlah tanaman kentang dan tomat yang tingginya seimbang. Tujuannya supaya ukuran batangnya juga seimbang.
  • Potong bagian tengah batang kentang, lalu ambil batang bagian bawah beserta akarnya. Dengan pisau yang tajam irislah ujung batang yang telah dipotong tadi sehingga membentuk huruf V
  • Potong bagian tengah batang tomat, lalu ambil batang bagian atas beserta daunnya. Irislah ujung batang yang telah dipotong tadi sehingga membentuk pasangan huruf V.
  • Sambungkan kedua ujung batang yang berbentuk huruf V tadi, lalu ikatlah dengan kuat menggunakan tali rafia atau plastik. Untuk memastikan sambungan erat agar tidak roboh boleh digapit dengan dua buah kayu kemudian diikat (dispalek).
  • Letakkan tanaman di tempat yang cukup cahaya tetapi tidak terkena paparan matahari langsung. Jangan lupa selalu dikontrol kadar airnya dengan cara menyiramnya secara berkala.
  • Setelah dua hingga tiga minggu biasanya tanaman menunjukkan tanda pertumbuhan. Bila sambungan telah menyatu, lepaskan ikatan rafia.
  • Tunggu hingga berbuah.

Mau coba?

Gravatar Image
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru / tentor pelajaran Biologi SMA. Ia juga seorang blogger aktif yang telah banyak menulis berbagai tutorial tentang blogging, komputer, dan teknologi. Karena kesibukannya mengurusi berbagai bisnis online, ia telah beristirahat dari kegiatan mengajar. Namun karena kecintaannya terhadap pelajaran Biologi, ia masih menyempatkan diri mengelola Biologi Media Centre ini.