Daftar ISI BMC

open all | close all

Ingin tanya sesuatu tentang pelajaran Biologi? Klik aja link di bawah ini!

Ingin berlangganan artikel BMC?

Daftarkan email Anda. Notifikasi akan dikirim setiap ada artikel baru.

Masukkan email Anda:

Delivered by FeedBurner

     Science Blogs Protected by Copyscape Online Plagiarism Tool

Sistem Transportasi (6) : Alat peredaran darah manusia

 

Artikel ini telah dibaca 54,742 kali

banner thera network Sistem Transportasi (6) : Alat peredaran darah manusia

Artikel tentang alat peredaran darah manusia ini adalah bagian terakhir dari serial artikel Sistem Transportasi. Berikut ini adalah artikel sebelumnya:

  • Sistem Transportasi (1) : Sistem transportasi pada Invertebrata
  • Sistem Transportasi (2) : Sistem transportasi pada Vertebrata
  • Sistem Transportasi (3) : Darah manusia
  • Sistem Transportasi (4) : Golongan darah ABO

    Alat-alat peredaran darah pada manusia

    Alat peredaran darah terdiri atas jantung (cor) dan pembuluh darah. Jantung berfungsi memompa darah, sedangkan pembuluh darah bertugas mengalirkan darah dari jantung hingga sampai ke jaringan tubuh.

    Pembuluh darah

    Ada dua jenis pembuluh darah yaitu:

    • Arteri : Merupakan pembuluh darah yang mengalirkan darah keluar dari jantung. Bila sampai di jaringan, arteri bercabang-cabang kecil yang disebut arteriole. Pembuluh arteri bersifat elastis dan darah yang mengalir tekanannya kuat karena memperoleh pemompaan langsung dari jantung.
    • Vena : Merupakan pembuluh yang mengalirkan darah kembali menuju ke jantung. Pembuluh vena yang menyebar di jaringan bercabang-cabang kecil dan disebut venula. Vena kurang elastis bila dibandingkan dengan arteri dan darah yang mengalir tekanannya rendah karena aliran darah pada vena berdasarkan sistem katup dan pompa otot. Vena biasanya terletak di permukaan tubuh di bawah kulit, sedangkan arteri lebih ke dalam.

     FastStoneEditor Sistem Transportasi (6) : Alat peredaran darah manusia
    Perhatikan perbedaan arteri dan vena.

    Jantung

    Jantung merupakan alat pemompa darah, terletak didalam rongga dada dan diatas diafragma. Jantung mempunyai bagian-bagian sebagai berikut:

    a.    Dinding jantung: terdiri atas tiga lapis, yaitu

    • epikardium (lapisan luar)
    • perikardium (selaput pembungkus jantung)
    • miokardium (otot jantung)
    • endokardium (selaput yang melapisi ruangan jantung)

    FastStoneEditor Sistem Transportasi (6) : Alat peredaran darah manusia

    Beginilah bagian-bagian jantung. (sori gak sempat nerjemahin)

  • b.    Ruangan jantung: terdiri atas 4 ruangan yaitu

    • serambi (atrium) kanan dan kiri
    • serta dua bilik (ventrikel) kanan dan kiri
      • Pada bayi yang belum lahir, antara serambi kanan dan serambi kiri terdapat lubang yang disebut foramen ovale. Lubang ini berfungsi sebagai bypass aliran darah karena belum berfungsinya paru-paru janin.
  • c.     Katup jantung: untuk menjaga agar aliran darah tetap searah. Ada tiga macam katup jantung:

    • valvula trikuspidalis (berdaun tiga): terdapat di antara atrium kanan dan ventrikel kanan
    • valvula bikuspidalis (berdaun dua): terdapat di antara atrium kiri dan ventrikel kiri
    • valvula semilunaris (bentuk bulan sabit): terdapat pada pangkal batang aorta

    d.    Saraf jantung

    • Sinoatrium Node (SA Node): terdapat pada atrium kanan
    • Atrioventricular Node (AV Node): terdapat pada sekat antara atrium dan ventrikel

    Pola peredaran darah

    Bila SA Node mengeluarkan impuls akan menyebabkan atrium berkontraksi sehingga darah dipompa menuju ke ventrikel. Impuls yang mengalir akhirnya merangsang AV Node sehingga juga mengeluarkan impuls yang menyebabkan otot ventrikel berkontraksi, dan darah dipompa keluar jantung.

    Bila ventrikel kiri berkontraksi darah dipompa ke seluruh tubuh melalui aorta (nadi besar). Darah yang mengalir ini kaya akan oksigen dan nutrisi. Di jaringan tubuh nutrisi dan oksigen diambil oleh sel-sel tubuh. Kemudian sel melepaskan CO2 dan sisa metabolisme yang kemudian diangkut oleh darah melalui pembuluh vena cava superior dan vena cava inferior kembali menuju atrium kanan. Pola peredaran ini disebut peredaran darah besar.

    FastStoneEditor Sistem Transportasi (6) : Alat peredaran darah manusia

    Perhatikan pola peredaran darah pada manusia, urut sesuai nomor.

    Dari atrium kanan darah dipompa masuk ke ventrikel kanan lalu mengalir meninggalkan jantung menuju ke paru-paru melalui arteri pulmonalis. Darah yang mengalir ini membawa banyak CO2 yang hendak dibuang. Di paru-paru CO2 dilepaskan dan oksigen diikat, lalu darah mengalir melalui vena pulmonalis kembali ke jantung masuk ke atrium kiri. Pola peredarah ini disebut peredaran darah kecil. Dari atrium kiri darah masuk ke ventrikel kiri, dan siklus yang sama terulang.

    Perlu diperhatikan bahwa kontraksi atrium kanan dan kiri berlangsung bersamaan. Demikian pula kontraksi ventrikel kanan dan kiri juga bersamaan. Jadi aliran darah pada peredaran darah besar dan kecil berlangsung serentak, dan bukannya bergantian.

    Saat ventrikel berkontraksi timbul tekanan yang disebut tekanan sistole. Saat ventrikel berelaksasi masih ada tekanan yang disebut tekanan diastole. Umumnya pada orang muda yang sehat besarnya tekanan sistole dan diastole adalah 120/80 mmHg. Tekanan darah ini akan semakin tinggi sejalan dengan pertambahan usia.

    Sebenarnya masalah tekanan sistole dan diastole ini juga terjadi pada saat kontraksi atrium. Jadi ada sistole atrium dan diastole atrium. Tapi di dunia medis konteks tekanan sistole dan diastole tampaknya lebih mengacu pada kontraksi ventrikel.

    Peredaran Limfe (Getah Bening)

    Selain peredaran darah, pada manusia terdapat juga peredaran limfe atau peredaran getah bening. Peredaran getah bening merupakan peredaran terbuka, yaitu dimulai dari dalam jaringan dan berakhir pada pembuluh balik bawah selangka (vena sub klavia).

    Cairan ini berasal dari darah yang keluar melalui dinding kapiler lalu masuk ke ruang antarsel, dan kemudian masuk ke pembuluh halus yang disebut pembuluh getah bening (limfe). Dari pembuluh limfe kecil, kemudian berkumpul pada pembuluh getah bening yang besar, dan yang terakhir masuk ke vena sub klavia.

    FastStoneEditor Sistem Transportasi (6) : Alat peredaran darah manusia

    Sistem limfatik pada manusia

  • Pembuluh limfe besar ada dua macam, yaitu:

    • Sistem pembuluh limfe dada (ductus thoraxicus): mengalirkan limfe dari bagian tubuh sebelah bawah, dan bagian tubuh atas sebelah kiri ke pembuluh vena bawah selangka kiri.
    • Sistem pembuluh limfe dada kanan (ductus limfaticus dexter): mengalirkan limfe dari daerah kepala, leher, dada, paru-paru, jantung dan lengan kanan ke vena bawah selangka kanan.

    Di sepanjang pembuluh limfe terdapat kelenjar limfe yang merupakan penyaring kuman. Beberapa kelenjar limge yang besar adalah:

    • kelenjar limfe lipat siku, lipat dada, ketiak, lutut, dan leher.
    • di selaput lendir usus.
    • kelenjar folikel pangkal lidah.
    • tonsil, amandel, dan pada adenoid.

    Seperti aliran darah pada vena, aliran getah bening disebabkan oleh tekanan otot rangka yang terdapat di sekitar pembuluh getah bening. Dan untuk menjaga agar aliran getah bening dapat lancar, disepanjang pembuluh terdapat katup. Persis seperti vena.

  • Cream kecantikan dokter yang aman dan efektif
    Untuk mengatasi wajah berjerawat, wajah kusam, menjadi bersih cerah alami. Free konsultasi online sebelum dan selama perawatan.
    http://dokterandini.com/

    1,496 comments to Sistem Transportasi (6) : Alat peredaran darah manusia

    Leave a Reply

      

      

      

    You can use these HTML tags

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>