Produksi ATP : 38 ataukah 36 ? (penjelasan ulang)

Posted on
Posting ini sudah dibaca 12809 kali

Ada beberapa pembaca yang masih bingung mengenai penjelasan mengapa jumlah ATP hasil respirasi ada yang 36 dan ada yang 38. Mungkin karena penjelasan saya yang kurang jelas dan tabel pembanding yang kurang komunikatif. Sekarang saya jelaskan ulang dengan lebih sederhana agar lebih mudah dipahami.

Saya telah jelaskan proses respirasi yang menghasilkan 38 ATP hasil oksidasi satu molekul glukosa. Proses lain yang menghasilkan 36 ATP bisa dibaca disini. Nah, untuk proses oksidasi yang menghasilkan 36 ATP saya jelaskan ulang sebagai berikut.

Ada 2 jenis NADH pada proses respirasi. Yang dihasilkan glikolisis disebut NADH sitosol (karena glikolisis berlangsung di sitosol) jumlahnya 2 molekul. Sedangkan yang dihasilkan DO (dekarboksilasi oksidatif) dan DK (daur Krebs) disebut NADH matriks (karena dihasilkan di dalam matriks mitokondria) total jumlahnya 8 molekul. Selain itu ada FADH sebanyak 2 molekul yang dihasilkan langkah DK. Seluruh NADH dan FADH tersebut nantinya akan dioksidasi pada langkah RTE (rantai transpor elektron) menjadi ATP dimana oksidasi 1 NADH bisa menghasilkan 3 ATP sedangkan 1 FADH menghasilkan 2 ATP.

Ternyata NADH sitosol (hasil glikolisis) tidak bisa masuk ke dalam mitokondria karena membran mitokondria tidak permeabel terhadap NADH sitosol. Untuk mengatasi masalah itu ada 2 cara:

  1. Sistem ulang alik malat aspartat memungkinkan NADH sitosol masuk ke dalam mitokondria dan tetap berujud NADH (berlangsung di hati, ginjal, dan jantung)
  2. Sistem ulang alik gliserol fosfat memungkinkan NADH sitosol masuk ke dalam mitokondria dan diubah menjadi FADH (berlangsung di otot rangka dan otak)

Berubahnya NADH menjadi FADH pada sistem ulang alik gliserol fosfat Ini akan mengakibatkan terjadinya penurunan jumlah ATP yang dibentuk.

Sekarang perhatikan perbandingan tabel di bawah ini. Tabel yang atas adalah penghitungan proses oksidasi yang menghasilkan 38 ATP, sedangkan tabel bawah adalah penghitungan yang menghasilkan 36 ATP.

image

image

Perhatikan tabel bawah. Pada langkah glikolisis harusnya ada 2 NADH, di situ saya kosongi. Asumsinya NADH telah diubah menjadi FADH melalui langkah ulang alik gliserol fosfat. Jadi sekarang kita punya 2 FADH yang saya tambahkan ke jumlah FADH yang dihasilkan pada langkah DK sebanyak 2 FADH juga. Total kita peroleh 4 FADH.

Sekarang kita hitung jumlah ATP nya:

  • jumlah NADH 8 = 24 ATP
  • jumlah FADH 4 = 8 ATP

Tambahkan juga ATP jadi hasil glikolisis dan DK sebanyak 4 ATP. Jadi total ATP = 36 dari proses ulang alik gliserol fosfat.

Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru / tentor pelajaran Biologi SMA. Ia juga seorang blogger aktif yang telah banyak menulis berbagai tutorial tentang blogging, komputer, dan teknologi. Karena kesibukannya mengurusi berbagai bisnis online, ia telah beristirahat dari kegiatan mengajar. Namun karena kecintaannya terhadap pelajaran Biologi, ia masih menyempatkan diri mengelola Biologi Media Centre ini.