Meningkatkan proses belajar dengan Hypnolearning

Posted on
Posting ini sudah dibaca 4019 kali

Hypno-Learning merupakan metode pembelajaran menggunakan kemampuan bawah sadar kita. Dalam penelitian disimpulkan bahwa alam bawah sadar menyumbang 88 persen kecerdasan kita, sedang yang kita gunakan selama ini sekitar 12 persennya saja. Dengan membangkitkan potensi bawah sadar ini akan menjadikan kita yang lemah menjadi kuat, dan yang kurang pintar menjadi lebih kreatif.

hypnosis

Untuk membuka dan melatih alam bawah sadar kita, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuka alam bawah sadar kita.

Tips pertama : Aktif

Menjadi lebih aktif dalam belajar. Semakin kita aktif dalam kegiatan belajar, maka kegiatan tersebut akan menuntun untuk dekat dengan alam bawah sadar kita. Tanpa kita sadari, alam bawah sadar kita akan menjadi asyik dalam menyimak pembelajaran yang kita lakukan. Karena semakin asyik, maka alam bawah sadar kita akan senantiasa mengingat pembelajaran yang kita peroleh. Itulah yang sering kita dengar dulu, bahwa belajar sambil mempraktekkan, akan lebih menancap pada otak kita dan tidak akan mudah luntur.

Tips kedua : Gunakan imajinasi

Kita dianjurkan menggunakan imajinasi kita dalam belajar. Seperti misalnya dalam menghafal deretan angka, kita bisa mengubah angka-angka itu menjadi huruf lalu menggabungkannya menjadi kata-kata yang dapat kita susun menjadi kalimat yang mudah kita ingat. Biarkanlah setiap yang kita pelajari menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan oleh imajinasi kita.

Tips ketiga : Lakukan pengulangan

Lakukan pengulangan. Dengan mengulang-ulang suatu pekerjaan, tanpa disadari, kita akan mengingat dan fasih dengan apa yang kita kerjakan. Fenomena ini dapat kita pelajari dari seorang penjual pisang molen yang sedang mengupas, membungkus pisang, lalu menggoreng pisang itu dengan sangat terampil karena saking seringnya pekerjaan itu dilakukan.

Tips yang terakhir : Fokus

Fokus pada tujuan. Pikiran kita yang selalu fokus, akan memacu alam bawah sadar kita untuk selalu  mengacu pada tujuan yang kita capai. Dengan begitu, alam bawah sadar kita akan senantiasa menuntun otak dan perilaku kita ini untuk selalu melakukan sesuatu yang terkait tujuan akhir yang kita inginkan. Sebagai contoh, saat akhir pekan kita fokus untuk hobby kita, misalnya bermain komputer, maka bisa jadi setelah bangun pagi, hal yang kita lakukan pertama kali adalah menombol power-on komputer, lalu kita bermain tanpa kenal waktu. Seharusnya kegiatan belajar kita sehari-hari juga sefokus saat kita bermain.

Selamat mencoba.

Sumber: science-4all.blogspot.com

Gravatar Image
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru / tentor pelajaran Biologi SMA. Ia juga seorang blogger aktif yang telah banyak menulis berbagai tutorial tentang blogging, komputer, dan teknologi. Karena kesibukannya mengurusi berbagai bisnis online, ia telah beristirahat dari kegiatan mengajar. Namun karena kecintaannya terhadap pelajaran Biologi, ia masih menyempatkan diri mengelola Biologi Media Centre ini.