Daftar ISI BMC

open all | close all

Ingin tanya sesuatu tentang pelajaran Biologi? Klik aja link di bawah ini!

Ingin berlangganan artikel BMC?

Daftarkan email Anda. Notifikasi akan dikirim setiap ada artikel baru.

Masukkan email Anda:

Delivered by FeedBurner

     Science Blogs Protected by Copyscape Online Plagiarism Tool

Mengenal macam variabel dalam percobaan

Artikel ini telah dibaca 30,350 kali

 

theraskin bmc Mengenal macam variabel dalam percobaan

pengertian riset Mengenal macam variabel dalam percobaanPraktikum biologi yang sering dilakukan siswa SMA sering melibatkan masalah variabel penelitian. Tak jarang guru sering juga menanyakan masalah variabel percobaan yang dilakukan siswa. Ternyata masih banyak siswa yang masih bingung tentang variabel penelitian ini, bahkan setelah percobaan selesai dan mereka sedang membuat laporan. Sekarang saya akan membahas singkat mengenai mengenal macam variabel dalam percobaan.

Variabel penelitian pada dasarnya adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja, yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, yang kemudian ditarik kesimpulannya.

Ada banyak jenis variabel penelitian, misalnya variabel, independen/variabel bebas, variabel dependen/variabel terikat, variabel moderator, variabel intervening, dan variabel kontrol. Untuk tingkat percobaan atau praktikum biologi jenjang SMA, variabel yang wajib dipahami adalah:

  • Variabel Independen (Variabel Bebas) / Variabel Eksogen : merupakan variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab terjadinya perubahan atau timbulnya variabel terikat. Variabel ini sering disebut sebagai variabel stimulus, predictor, atau antecedent.
  • Variabel Dependen (Variabel Terikat) / Variabel Endogen : merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas.
  • Variabel Kontrol : adalah variabel yang yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti. Variabel control digunakan oleh peneliti bila akan melakukan penelitian yang bersifat membandingkan.

Perhatikan contoh berikut ini.

Seorang siswa membuat rancangan percobaan untuk membuktikan bahwa pada perkecambahan diperlukan air dan oksigen. Instrumentasi percobaan sebagai berikut.

Tabung 1 berisi biji kacang hijau
Tabung 2 berisi kapas kering, biji kacang hijau, dibiarkan terbuka
Tabung 3 berisi kapas kering, biji kacang hijau, ditutup rapat
Tabung 4 berisi kapas basah, biji kacang hijau, dibiarkan terbuka
Tabung 5 berisi kapas basah, biji kacang hijau, ditutup rapat

Rangkaian tersebut dibiarkan selama 2 hari untuk mengamati mana biji kacang hijau yang tumbuh. Ternyata dari hasil percobaan tersebut:

  • biji yang tumbuh adalah tabung 4 dan tabung 5
  • biji yang tumbuh normal adalah tabung 4, sedangkan pada tabung 5 pertumbuhan tidak normal/akhirnya mati

Perhatikan variabel penelitian pada rangkaian percobaan tersebut :

  • Yang disebut variabel kontrol adalah tabung 1. Biji dibiarkan apa adanya dan tidak diberi perlakuan apa pun sebagai pembanding dengan hasil percobaan.
  • Yang disebut variabel bebas adalah tabung 2, 3, 4, 5. Perhatikan bahwa setiap tabung diberi perlakuan tertentu yaitu basah/kering, terbuka/tertutup.
  • Yang disebut variabel terikat adalah hasil pertumbuhan biji. Biji yang tumbuh normal (variabel terikat) adalah tabung 4, sebagai akibat diberi perlakuan (variabel bebas) pemberian air dan terbuka sehingga oksigen bisa masuk. Sedangkan pertumbuhan biji pada tabung 5 tidak normal karena tabung tertutup meskipun terdapat air.

Untuk contoh dan trik praktikum lainnya silahkan baca di sini.

Semoga bermanfaat wlEmoticon smile Mengenal macam variabel dalam percobaan

Konsep yang banyak dicari:

153 comments to Mengenal macam variabel dalam percobaan

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>