Lukisan Leonardo Da Vinci tentang anatomi manusia

Posted on
Posting ini sudah dibaca 4681 kali

Siapa yang tidak tahu Leonardo Da Vinci? Dia seorang pelukis yang terkenal dengan lukisan legendarisnya “Monalisa”. Begitu terkenalnya Da Vinci, hingga sempat dibuat film berjudul The Da Vinci Code yang diangkat dari novel karya Dan Brown.

Leonardo Da Vinci (1452 – 1519)

Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya ada banyak karya monumental Da Vinci selain Monalisa. Beberapa karya Da Vinci ternyata ada banyak lukisan tentang anatomi tubuh manusia. Padahal kalau ditilik waktunya, ilmu bedah pada jaman itu belum semaju sekarang. Namun demikian lukisan Da Vinci tentang anatomi manusia ternyata memang sangat mirip anatomi asli.

Meskipun masih kalah dibandingkan pematung realis Michelangelo yang bahkan rela melakukan bedah mayat untuk melihat bentuk anatomi asli manusia sebelum membuat patung, lukisan karya Da Vinci mengenai anatomi manusia ini layak diacungi jempol.

Inilah lukisan Leonardo Da Vinci tentang anatomi manusia.

Sistem pencernaan

Janin dalam kandungan

Tulang, otot, dan tendon tangan

Lukisan saat mempelajari pembuluh koroner dan katup jantung

Catatan tentang kematian seorang centenarian (orang yang umurnya 100 tahun atau lebih)

Tubuh pria tampak dari belakang

Otot pundak dan lengan, serta tulang kaki

Irisan melintang sebuah tengkorak

Organ-organ tubuh dan pembuluh darah utama

Sistem kardiovaskular dan organ dalam tubuh wanita
Gravatar Image
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru / tentor pelajaran Biologi SMA. Ia juga seorang blogger aktif yang telah banyak menulis berbagai tutorial tentang blogging, komputer, dan teknologi. Karena kesibukannya mengurusi berbagai bisnis online, ia telah beristirahat dari kegiatan mengajar. Namun karena kecintaannya terhadap pelajaran Biologi, ia masih menyempatkan diri mengelola Biologi Media Centre ini.