Inilah kehebatan Xilem!

Sudah dibaca 4255 kali

BMC – Masih ingat pelajaran tentang jaringan pada tumbuhan? Di sana ada dua jaringan pengangkut pada tumbuhan yaitu floem dan xilem. Floem berfungsi mengangkut hasil asimilasi fotosintesis ke seluruh jaringan lain pada tumbuhan. Kelak floem inilah yang menjadi kulit kayu. Sedangkan xilem berfungsi mengangkut air dari tanah ke jaringan asimilasi (fotosintesis). Kelak xilem inilah yang menjadi kayu.

Sebagaimana diketahui, ada perbedaan tentang pertumbuhan pada tanaman dan hewan. Jika pada hewan ada batas pertumbuhan, sedang pada tumbuhan bisa dikatakan mengalami pertumbuhan yang tak terbatas. Selama masih hidup, selama itu pula tumbuhan akan tetap tumbuh dan berkembang.

Contohnya adalah pohon Redwood, sejenis kayu merah (sequoia) di California, merupakan pohon tertua yang terbesar di dunia. Pohon ini mampu tumbuh hingga 76 meter atau setara dengan bangunan bertingkat 25! Diameternya bisa mencapai 9 meter, dan volumenya mencapai 1.478 meter kubik! Hebatnya lagi jenis pohon ini bisa hidup hingga 3.000 tahun. Salah satu spesies tertua bahkan tercatat umurnya 3.500 tahun! Wow!

Inilah foto-fotonya.

Tags: floem kayu pertumbuhan pohon raksasa pohon tertua xilem

Related Post "Inilah kehebatan Xilem!"

Media pembelajaran Astronomi 3D
BMC – Sejak beberapa waktu lalu saya
FOTO PERKEMBANGAN EMBRIO MANUSIA
FOTO PERKEMBANGAN EMBRIO MANUSIA Cuma mau sharing
Multimedia interaktif untuk belajar Biologi
Bagi rekan guru maupun siswa yang membutuhkan
Foto-foto Jamur yang menakjubkan
Jamur (Fungi) atau cendawan adalah organisme yang