Inilah kehebatan Xilem!

Posted on
Posting ini sudah dibaca 3255 kali

BMC – Masih ingat pelajaran tentang jaringan pada tumbuhan? Di sana ada dua jaringan pengangkut pada tumbuhan yaitu floem dan xilem. Floem berfungsi mengangkut hasil asimilasi fotosintesis ke seluruh jaringan lain pada tumbuhan. Kelak floem inilah yang menjadi kulit kayu. Sedangkan xilem berfungsi mengangkut air dari tanah ke jaringan asimilasi (fotosintesis). Kelak xilem inilah yang menjadi kayu.

Sebagaimana diketahui, ada perbedaan tentang pertumbuhan pada tanaman dan hewan. Jika pada hewan ada batas pertumbuhan, sedang pada tumbuhan bisa dikatakan mengalami pertumbuhan yang tak terbatas. Selama masih hidup, selama itu pula tumbuhan akan tetap tumbuh dan berkembang.

Contohnya adalah pohon Redwood, sejenis kayu merah (sequoia) di California, merupakan pohon tertua yang terbesar di dunia. Pohon ini mampu tumbuh hingga 76 meter atau setara dengan bangunan bertingkat 25! Diameternya bisa mencapai 9 meter, dan volumenya mencapai 1.478 meter kubik! Hebatnya lagi jenis pohon ini bisa hidup hingga 3.000 tahun. Salah satu spesies tertua bahkan tercatat umurnya 3.500 tahun! Wow!

Inilah foto-fotonya.

Gravatar Image
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru / tentor pelajaran Biologi SMA. Ia juga seorang blogger aktif yang telah banyak menulis berbagai tutorial tentang blogging, komputer, dan teknologi. Karena kesibukannya mengurusi berbagai bisnis online, ia telah beristirahat dari kegiatan mengajar. Namun karena kecintaannya terhadap pelajaran Biologi, ia masih menyempatkan diri mengelola Biologi Media Centre ini.