Video Gadis Serigala dari Thailand : Benarkah kelainan hypertrichosis?

Posted on
Posting ini sudah dibaca 5971 kali

Biologi Media Centre – Nama gadis berumur 11 tahun ini Supatra Sasuphan, asli dari Thailand. Yang membedakannya dari gadis lain adalah bagian wajahnya yang banyak ditumbuhi bulu (yang benar: rambut) yang lebat. Begitu lebatnya rambut di bagian wajah ini sehingga dia memperoleh julukan: wanita serigala!

Video gadis serigala dari Thailand

Dad Sammrueng, ayah dari gadis ini mengatakan bahwa putrinya mengalami kelainan tersebut sejak lahir. Menurut sebuah sumber medis, Sasuphan mengalami sindroma Ambras atau hipertrikosis, yaitu jenis penyakit bawaan akibat mutasi kromosom dimana rambut akan tumbuh diseluruh bagian tubuh orang yang mengalami kelainan ini.

Kalau Anda siswa kelas 3 SMA atau masih ingat pelajaran Biologi bab Mutasi, keterangan itu tampaknya aneh. Hiperthrichosis adalah mutasi gen resesif pada kromosom Y yang mengakibatkan munculnya rambut di tepi daun telinga. Karena terpaut kromosom Y maka sifat ini secara teori hanya muncul pada anak laki-laki (gen holandrik). Kalau pingin penjelasan lebih lengkap silahkan baca di sini.

Mungkinkah ini merupakan kelainan hystrixgraviour? Hystrixgraviour adalah kelainan dimana seseorang memiliki rambut yang tumbuh di seluruh tubuh, juga merupakan gen holandrik. Tetapi ciri khas kelainan ini konon tipe rambutnya lebih kaku, jadi agak berbeda dengan rambut biasa seperti punya Sasuphan tersebut. Lantas apa donk? Saya sendiri bingung … hi… hi…hi…

Yang jelas ada kemiripan antara gadis serigala ini dengan Jo Jo “The Dog Faced Boy” yang sempat hidup beberapa abad lampau (lihat gambar).

Sindroma langka itu menyebabkan sulit bernafas saat lahir. Sasuphan pun harus menjalani dua kali operasi untuk membantunya bernapas karena lubang hidungnya hanya satu milimeter. Dia berada di dalam inkubator selama tiga bulan dan menjalani operasi pembesaran lubang hidung menjadi satu setengah milimeter dan berhasil melewati masa kritis di awal kehidupannya hingga sekarang.

Semula Susuphan dijauhi oleh teman-teman sekolahnya, karena teman sekolahnya takut akan wajah Sasuphan, sampai – sampai dia mendapat julukan sebagai Gadis Srigala atau Wolf Girl. Namun sekaran ia sangat terkenal di Thailand. Saking terkenalnya sebagai Sasuphan si gadis srigala Bangkok, Guinness World Record memasukan namanya ke dalam “World’s Hairiest Girl”.

Berikut ini video Gadis Serigala dari Thailand.

Video gadis berwajah serigala
Gravatar Image
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru / tentor pelajaran Biologi SMA. Ia juga seorang blogger aktif yang telah banyak menulis berbagai tutorial tentang blogging, komputer, dan teknologi. Karena kesibukannya mengurusi berbagai bisnis online, ia telah beristirahat dari kegiatan mengajar. Namun karena kecintaannya terhadap pelajaran Biologi, ia masih menyempatkan diri mengelola Biologi Media Centre ini.