Foto-foto mikroskop elektron (1) : Sel dan jaringan makhluk hidup

Artikel ini sudah dibaca oleh 324 pengunjung.

Biologi Media Centre – Pada posting kali ini saya ingin share mengenai foto-foto hasil scanning elektron mikroskop tentang sel dan jaringan. Untuk setiap foto, telah saya tuliskan keterangan singkat yang relevan. Siapapun yang membutuhkan foto-foto ini untuk referensi bisa langsung download dari link sumbernya.

Saya memang berencana memposting koleksi foto-foto referensi tentang sel dan jaringan. Sementara ini dulu yang saya peroleh. Nanti kalau sudah saya dapatkan yang lain, saya akan segera posting lanjutannya.

Penampang potongan melintang kulit sehat dari payudara. Lapisan paling atas adalah stratum corneum (merah), yang dibentuk oleh sel-sel mati. Pada lapisan dermis (pink) terdapat kapiler darah. Di bawah lapisan dermis adalah lapisan subkutan yang umumnya berisi lemak
Pembentukan sel sperma di tubulus seminiferus pada testis. Tiap sperma memiliki kepala (orange dan hijau) yang membawa materi genetik saat fertilisasi dengan sel telur. Bagian ekor (biru) berfungsi untuk pergerakan sperma.(4500x)
Bentuk jaringan tulang spons. Ada dua jenis jaringan tulang, yaitu tulang spons dan tulang padat. Tulang padat biasanya terdapat pada bagian luar, sedang tulang spons ada di bagian dalam. Tulang spons berbentuk seperti sarang lebah, dibentuk dari banyak trabekula (jaringan berbentuk batang). Struktur sepert ini menghasilkan kekuatan yang bagus. Ruang kosong sebenarnya berisi sumsum, dimana sel darah merah dibentuk.
Batu ginjal. Biasanya terbentuk karena pengendapan garam mineral kalsium oksalat pada urine. Hasilnya adalah batu yang keras, biasanya bulat, dan menyebabkan sakit pada urethra terutama saat kencing. Untuk mengeluarkan batu ginjal yang berukuran cukup besar harus dilakukan pembedahan, atau penghancuran dengan menggunakan terapi ultrasonik.
Sel calon (stem cells) darah janin. Sel ini bersifat pluripotensi. Artinya mampu berdiferensiasi dan berkembang menjadi berbagai jenis sel darah. Proses pembentukan sel darah merah disebut haemopoiesis.
Sel fotoreseptor pada retina. Sel batang (kuning) dan sel kerucut (hijau) dan lapisin inti sebelah luar (ungu)
Sel kanker payudara. Mengacu pada sifat menurun, sel kanker membelah dengan cepat dan tak terkontrol. Sel bisa berkembang membentuk tumor yang mampu merusak jaringan sehat di sekitarnya. Kanker payudara biasa menyerang para wanita. Meskipun bisa dilakukan operasi untuk mengangkat sel-sel kanker tersebut, namun pengobatan umumnya disertai kemoterapi dan radioterapi.
Sel kanker tenggorokan sedang membelah (sitokinesis). Kanker tenggorokan sering dikaitkan dengan kebiasaan merokok atau sering menghirup polutan udara. Pengobatan umum dilakukan dengan mengambil bagian yang terkena kanker, radioterapi, dan kemoterapi.
Kapiler adalah pembuluh darah yang kecil. Namun demikian sangat banyak eritrosit yang melewatinya. Pada pembuluh kapiler inilah terjadi pertukaran gas O2 dan CO2 antara eritrosit dengan jaringan. Tampak pada foto di atas sebuah kapiler yang sobek dan eritrosit keluar
Sel saraf (neuron) dibentuk dari badan sel (bagian tengah), dendrit, dan akson. Dendrit menerima impuls, sedangkan akson meneruskan impuls. Pada sel saraf yang dibiakkan pada suatu kultur seperti pada foto diatas cukup sulit menentukan mana bagian dendrit dan aksonnya.
 
Penampang melintang daun. Secara urut jaringan dari bagian atas adalah: epidermis atas, palisade (hijau),spons, tulang daun (hijau di tengah), dan epidermis bawah. Pada epidermis bawah sering termodifikasi menjadi stomata.
 

Jika bermanfaat, silahkan menginggalkan komentar untuk bahan diskusi Smile

Bersambung …

BIOLOGI MEDIA CENTRE Powered by Propolis Bioraja

80 thoughts on “Foto-foto mikroskop elektron (1) : Sel dan jaringan makhluk hidup

Comments are closed.