Findtoyou : Search engine hebat hasil karya anak bangsa!

Posted on
Posting ini sudah dibaca 1715 kali

Search engine atau mesin pencari adalah suatu program yang digunakan untuk mencari informasi apa saja di internet. Untuk mencari informasi tertentu dengan search engine, kita harus menjalankan search engine tersebut dengan program penjelajah internet yang sering disebut browser. Ada banyak jenis mesin pencari, demikian juga ada banyak sekali jenis browser. Saat ini Google adalah mesin pencari nomor satu, sedangkan jawara browsernya adalah Mozilla Firefox.

Saking terkenalnya Google ini, hingga timbul suatu istilah ‘googling’ untuk menyebut aktivitas mencari suatu informasi menggunakan Google. Kalau Anda perhatikan, tidak ada istilah Yahooing atau Binging. Padahal Yahoo dan Bing juga merupakan mesin pencari besar.

Sekitar setahun lalu, muncul search engine baru bernama Findtoyou, yang merupakan salah satu jenis mesin pencari (search engine) hasil karya anak bangsa.

Findtoyou

Saya harus katakan pada satu sisi Findtoyou ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan search engine besar seperti Google, Yahoo, maupun Bing. Mengapa? Karena mesin pencari ini langsung memberi pilihan kepada user untuk memilih klasifikasi pencarian informasi. Jadi Anda langsung disuguhi jenis infomasi apa yang dibutuhkan, mulai music, video, images, software, ebook, document, powerpoint, excel, file sharing, torrent, hingga social networking seperti Facebook atau Tweeter.

Cara menggunakannya pun gampang. Anda tinggal melakukan klik pada klasifikasi informasi yang diinginkan. Misalnya saya ingin mencari ebook. Saya klik menu Ebook, lalu mengisikan kata kunci yang dikehendaki, misalnya Biology, lalu klik | Search |.

Findtoyou

Beberapa detik kemudian muncullah hasilnya.

Findtoyou

Hasil pencarian yang muncul merupakan link dimana Anda bisa mengunduh ebook yang berkaitan dengan kata kunci ‘’biology’. Hasil lain yang tidak ditampilkan bisa dibuka melalui page navigation bar yang terletak di bawah.

Jika ingin mendownload ebook The Frog Dissection Lab misalnya, tinggal klik pada link pada halaman hasil pencarian, dan akan langsung ditampilkan jendela baru untuk download file yang dimaksud, tanpa harus masuk ke situs aslinya. Jadi Findtoyou tidak menyimpan file yang Anda cari, melainkan memberi alamat link-nya saja.

Findtoyou

Langkah yang sama bisa Anda lakukan untuk pencarian informasi yang dibutuhkan berdasarkan klasifikasinya.

Saya harus katakan ini adalah cara yang cerdas. Cara ini sekaligus mempermudah dan mempercepat pencarian, dan hebatnya langsung menampilkan menu untuk mendownload file yang kita butuhkan. Fitur seperti ini tidak akan didapati pada Google, Yahoo, maupun Bing.

Tahukah Anda, apa implementasi dari penggunaan Findtoyou ini? Yah, para penggila informasi mulai dari pelajar, akademisi, hingga penggila mp3 maupun software mania seperti saya akan lebih cepat dan lebih gampang mencari file atau informasi yang dibutuhkan.

Inilah hebat!

Gravatar Image
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru / tentor pelajaran Biologi SMA. Ia juga seorang blogger aktif yang telah banyak menulis berbagai tutorial tentang blogging, komputer, dan teknologi. Karena kesibukannya mengurusi berbagai bisnis online, ia telah beristirahat dari kegiatan mengajar. Namun karena kecintaannya terhadap pelajaran Biologi, ia masih menyempatkan diri mengelola Biologi Media Centre ini.