270 Comments

  1. Hebat, terimakasih banyak..
    semoga ada soal-soal yang lain lagi.. :D

  2. gan, soal yang b itu B heterozigot bukan A heterozigot, tapi gapapa yang penting konsepnya juga udah bener kok :D

  3. great,,, thanks

  4. great,,, thanks

  5. great,,, thanks

  6. great,,, thanks

  7. great,,, thanks

  8. great,,, thanks

  9. great,,, thanks

  10. great,,, thanks

  11. great,,, thanks

  12. great,,, thanks

  13. great,,, thanks

  14. great,,, thanks

  15. great,,, thanks

  16. great,,, thanks

  17. terima kasih yach tuh sngat membantu saya ……….;D

  18. terima kasih yach tuh sngat membantu saya ……….;D

  19. terima kasih yach tuh sngat membantu saya ……….;D

  20. terima kasih yach tuh sngat membantu saya ……….;D

  21. terima kasih yach tuh sngat membantu saya ……….;D

  22. terima kasih yach tuh sngat membantu saya ……….;D

  23. terima kasih yach tuh sngat membantu saya ……….;D

  24. terima kasih yach tuh sngat membantu saya ……….;D

  25. terima kasih yach tuh sngat membantu saya ……….;D

  26. terima kasih yach tuh sngat membantu saya ……….;D

  27. terima kasih yach tuh sngat membantu saya ……….;D

  28. terima kasih yach tuh sngat membantu saya ……….;D

  29. terima kasih yach tuh sngat membantu saya ……….;D

  30. terima kasih yach tuh sngat membantu saya ……….;D

  31. kalau mencari genotipe homozigot dominan
    pada persilangan dihibrid dominan penuh gimana ya pak??
    tolong secepat nya di jawab … :)

  32. mo koment apa ea??
    ????? [???E?????r?????n?????i?????s?????a??] ??
    aku ksh motivasi nih (???) ??
    ?••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••?

    ???????????????????????? ???????????????????? ???????????????????????? ????????????????????????????, ???????????????????????? ???????????? ???????????????? ???????????????????????????? ???????????????? ???????????????????????????? ????????????????????????..
    ???????????? ???????????????????????? ????????????????????????????-???????????????? ????????????????????????????, ???????????????????????? ???????????? ???????????????????????????????? ???????????????? ???????????????????? ???????????????????? ????????????????????????..

    ?••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••?
    ??? (??? ?) urutan koment di No : 1 Wákk庰??°k?k㺰??°º?º=D=))
    ??? ?••• 9:42 pm ? Selasa ? 29 – 10 – 2013 •••?
    ??? Š?l???† ??l?? ????? [???E?????r?????n?????i?????s?????a??] ? nnton Ovj lucu ni
    ??? ? Aditya Aquartenious Z ?
    ??? Mau BOT auto komen seperti ini ? sms ke 089650415718
    ???

  33. Lebih Gampang Disini Dari Pada Di Buku.. ^_^

    Thank’s Ya Pak ?.. ;)

  34. webnya bagus bgt, saya jd semangat belajarnya ketimbang baca buku, terus ditambah ya konten2 yg bermanfaat :D

  35. Halo. Mohon maaf. Saya sedang kesulitan memahami.
    Boleh saya tanya, kenapa dalam soal “a. Berapa frekuensi gen A, B, dan O?”, dicari frekuensi gen O terlebih dahulu. Apakah jika mencari frekuensi gen A terlebih dahulu baru frekuensi gen O dan B boleh?
    Kalau iya, seperti apa?

    1. hai
      kenapa harus dari goldar O dulu? karna goldar O yang diketahui di soal itu merupakan r^2 (r pangkat 2),
      sehingga : O = IoIo = r^2 = 180/2000
      r = 0.3
      jadi kita bisa dapet langsung nilai r hanya dengan mengakarkannya. Just that’s simple ;)

      kalo mau mencari frekuensi gen A (p) atau B (q) terlebih dahulu saya rasa nggak bisa(n.b kalo tipe soal persis kaya di atas yaa)
      karna goldar A yang jumlahnya 800 siswa itu merupakan goldar IaIa + IaIo. Kalo ditulis pake rumus jadi p^2 + 2pr = 800/2000
      p^2 + 2qr = 2/5 <–PERS 1

      kalo goldar B = 540
      B = IbIb + IbIo = q^2 + 2qr = 540/2000
      q^2 + 2qr = 27/100 <–PERS 2

      kalo AB = 480
      AB = IaIb = 2pq = 480/2000
      pq = 3/25 <–PERS 3

      PERS 1, 2, dan 3 masing-masing terdiri dari 2 variabel. Pada SPLDV kalo mau mengetahui nilai salah satu variabel kita harus tau dulu nilai variabel yang satunya lagi. Kalo nggak diketahui juga, bisa pake cara substitusi atau eliminasi.

      Saya udah coret-coret 1 lembar nggak ketemu2 juga :3
      mungkin kamu mau coba juga? hehe
      kalaupun ketemu hasil yang sama, cara ini TIDAK EFEKTIF karna banyak memakan waktu :D

      1. Author

        “kenapa harus dari goldar O dulu?”
        Itu kuncinya.
        Mengapa?
        Karena golongan darah O gen-nya sifatnya resesif. sedangkan gen lain A dan B dominan terhadap O dan keduanya kodominan (sama kuat). Karena itu kalau nemuin soal semacam ini upayakan mencari jumlah goldar O dulu.

  36. saya lulusan SMA jurusan IPS'06…saya dapat tawaran sekolah bank darah..apa yg harus ak pelajari..ada saran…mksh..

  37. saya lulusan SMA jurusan IPS'06…saya dapat tawaran sekolah bank darah..apa yg harus ak pelajari..ada saran…mksh..

  38. saya lulusan SMA jurusan IPS'06…saya dapat tawaran sekolah bank darah..apa yg harus ak pelajari..ada saran…mksh..

  39. saya lulusan SMA jurusan IPS'06…saya dapat tawaran sekolah bank darah..apa yg harus ak pelajari..ada saran…mksh..

  40. saya lulusan SMA jurusan IPS'06…saya dapat tawaran sekolah bank darah..apa yg harus ak pelajari..ada saran…mksh..

  41. saya lulusan SMA jurusan IPS'06…saya dapat tawaran sekolah bank darah..apa yg harus ak pelajari..ada saran…mksh..

  42. saya lulusan SMA jurusan IPS'06…saya dapat tawaran sekolah bank darah..apa yg harus ak pelajari..ada saran…mksh..

  43. saya lulusan SMA jurusan IPS'06…saya dapat tawaran sekolah bank darah..apa yg harus ak pelajari..ada saran…mksh..

  44. saya lulusan SMA jurusan IPS'06…saya dapat tawaran sekolah bank darah..apa yg harus ak pelajari..ada saran…mksh..

  45. saya lulusan SMA jurusan IPS'06…saya dapat tawaran sekolah bank darah..apa yg harus ak pelajari..ada saran…mksh..

  46. saya lulusan SMA jurusan IPS'06…saya dapat tawaran sekolah bank darah..apa yg harus ak pelajari..ada saran…mksh..

  47. saya lulusan SMA jurusan IPS'06…saya dapat tawaran sekolah bank darah..apa yg harus ak pelajari..ada saran…mksh..

  48. saya lulusan SMA jurusan IPS'06…saya dapat tawaran sekolah bank darah..apa yg harus ak pelajari..ada saran…mksh..

  49. saya lulusan SMA jurusan IPS'06…saya dapat tawaran sekolah bank darah..apa yg harus ak pelajari..ada saran…mksh..

  50. hai, bisa follow aku ngak ?
    oh ya, aku baru aja, copy data kamu, tentang hardy-w.
    soalnya aku lagi ada tugas. aku harap ngak apa2….

  51. mksih ats conth soal each :)

    1. Author

      Saya memang tidak posting soal. kalau ada soal yang mau ditanyakan bisa masuk ke page facebook BMC.

  52. khahaha…
    rhesus tak tau ya is?

    kan dalam sistem penggolongan darah ada 3 sistem
    1. ABO
    2. Rhesus
    3. MN

    di indonesia sistem penggolongan darah yang dipakai adalah ABO dan Rhesus. rhesus tu penggolongan darah apakah dia (+) atau (-)

    misal :
    gol darah : B+
    B = dari sistem ABO
    (+) = dari sistem Rhesus.

    gituu is,, ngerti dah?

  53. khahaha…
    rhesus tak tau ya is?

    kan dalam sistem penggolongan darah ada 3 sistem
    1. ABO
    2. Rhesus
    3. MN

    di indonesia sistem penggolongan darah yang dipakai adalah ABO dan Rhesus. rhesus tu penggolongan darah apakah dia (+) atau (-)

    misal :
    gol darah : B+
    B = dari sistem ABO
    (+) = dari sistem Rhesus.

    gituu is,, ngerti dah?

  54. khahaha…
    rhesus tak tau ya is?

    kan dalam sistem penggolongan darah ada 3 sistem
    1. ABO
    2. Rhesus
    3. MN

    di indonesia sistem penggolongan darah yang dipakai adalah ABO dan Rhesus. rhesus tu penggolongan darah apakah dia (+) atau (-)

    misal :
    gol darah : B+
    B = dari sistem ABO
    (+) = dari sistem Rhesus.

    gituu is,, ngerti dah?

  55. khahaha…
    rhesus tak tau ya is?

    kan dalam sistem penggolongan darah ada 3 sistem
    1. ABO
    2. Rhesus
    3. MN

    di indonesia sistem penggolongan darah yang dipakai adalah ABO dan Rhesus. rhesus tu penggolongan darah apakah dia (+) atau (-)

    misal :
    gol darah : B+
    B = dari sistem ABO
    (+) = dari sistem Rhesus.

    gituu is,, ngerti dah?

  56. khahaha…
    rhesus tak tau ya is?

    kan dalam sistem penggolongan darah ada 3 sistem
    1. ABO
    2. Rhesus
    3. MN

    di indonesia sistem penggolongan darah yang dipakai adalah ABO dan Rhesus. rhesus tu penggolongan darah apakah dia (+) atau (-)

    misal :
    gol darah : B+
    B = dari sistem ABO
    (+) = dari sistem Rhesus.

    gituu is,, ngerti dah?

  57. khahaha…
    rhesus tak tau ya is?

    kan dalam sistem penggolongan darah ada 3 sistem
    1. ABO
    2. Rhesus
    3. MN

    di indonesia sistem penggolongan darah yang dipakai adalah ABO dan Rhesus. rhesus tu penggolongan darah apakah dia (+) atau (-)

    misal :
    gol darah : B+
    B = dari sistem ABO
    (+) = dari sistem Rhesus.

    gituu is,, ngerti dah?

  58. khahaha…
    rhesus tak tau ya is?

    kan dalam sistem penggolongan darah ada 3 sistem
    1. ABO
    2. Rhesus
    3. MN

    di indonesia sistem penggolongan darah yang dipakai adalah ABO dan Rhesus. rhesus tu penggolongan darah apakah dia (+) atau (-)

    misal :
    gol darah : B+
    B = dari sistem ABO
    (+) = dari sistem Rhesus.

    gituu is,, ngerti dah?

  59. khahaha…
    rhesus tak tau ya is?

    kan dalam sistem penggolongan darah ada 3 sistem
    1. ABO
    2. Rhesus
    3. MN

    di indonesia sistem penggolongan darah yang dipakai adalah ABO dan Rhesus. rhesus tu penggolongan darah apakah dia (+) atau (-)

    misal :
    gol darah : B+
    B = dari sistem ABO
    (+) = dari sistem Rhesus.

    gituu is,, ngerti dah?

  60. khahaha…
    rhesus tak tau ya is?

    kan dalam sistem penggolongan darah ada 3 sistem
    1. ABO
    2. Rhesus
    3. MN

    di indonesia sistem penggolongan darah yang dipakai adalah ABO dan Rhesus. rhesus tu penggolongan darah apakah dia (+) atau (-)

    misal :
    gol darah : B+
    B = dari sistem ABO
    (+) = dari sistem Rhesus.

    gituu is,, ngerti dah?

  61. khahaha…
    rhesus tak tau ya is?

    kan dalam sistem penggolongan darah ada 3 sistem
    1. ABO
    2. Rhesus
    3. MN

    di indonesia sistem penggolongan darah yang dipakai adalah ABO dan Rhesus. rhesus tu penggolongan darah apakah dia (+) atau (-)

    misal :
    gol darah : B+
    B = dari sistem ABO
    (+) = dari sistem Rhesus.

    gituu is,, ngerti dah?

  62. khahaha…
    rhesus tak tau ya is?

    kan dalam sistem penggolongan darah ada 3 sistem
    1. ABO
    2. Rhesus
    3. MN

    di indonesia sistem penggolongan darah yang dipakai adalah ABO dan Rhesus. rhesus tu penggolongan darah apakah dia (+) atau (-)

    misal :
    gol darah : B+
    B = dari sistem ABO
    (+) = dari sistem Rhesus.

    gituu is,, ngerti dah?

  63. khahaha…
    rhesus tak tau ya is?

    kan dalam sistem penggolongan darah ada 3 sistem
    1. ABO
    2. Rhesus
    3. MN

    di indonesia sistem penggolongan darah yang dipakai adalah ABO dan Rhesus. rhesus tu penggolongan darah apakah dia (+) atau (-)

    misal :
    gol darah : B+
    B = dari sistem ABO
    (+) = dari sistem Rhesus.

    gituu is,, ngerti dah?

  64. khahaha…
    rhesus tak tau ya is?

    kan dalam sistem penggolongan darah ada 3 sistem
    1. ABO
    2. Rhesus
    3. MN

    di indonesia sistem penggolongan darah yang dipakai adalah ABO dan Rhesus. rhesus tu penggolongan darah apakah dia (+) atau (-)

    misal :
    gol darah : B+
    B = dari sistem ABO
    (+) = dari sistem Rhesus.

    gituu is,, ngerti dah?

  65. khahaha…
    rhesus tak tau ya is?

    kan dalam sistem penggolongan darah ada 3 sistem
    1. ABO
    2. Rhesus
    3. MN

    di indonesia sistem penggolongan darah yang dipakai adalah ABO dan Rhesus. rhesus tu penggolongan darah apakah dia (+) atau (-)

    misal :
    gol darah : B+
    B = dari sistem ABO
    (+) = dari sistem Rhesus.

    gituu is,, ngerti dah?

  66. hmm,, golongan darah ya?
    rhesus masuk juga is?

  67. tampilkan soal lbih byk lg yaaaaaaa…

    1. hmm,, golongan darah ya?
      rhesus masuk juga is?

    2. khahaha…
      rhesus tak tau ya is?

      kan dalam sistem penggolongan darah ada 3 sistem
      1. ABO
      2. Rhesus
      3. MN

      di indonesia sistem penggolongan darah yang dipakai adalah ABO dan Rhesus. rhesus tu penggolongan darah apakah dia (+) atau (-)

      misal :
      gol darah : B+
      B = dari sistem ABO
      (+) = dari sistem Rhesus.

      gituu is,, ngerti dah?

  68. saya lagi belajar biologi di UNRIKA Batam, semoga yang demikian bisa tersambung hingga mencapai persahabatan (pintaku)

  69. saya lagi belajar biologi di UNRIKA Batam, semoga yang demikian bisa tersambung hingga mencapai persahabatan (pintaku)

  70. saya lagi belajar biologi di UNRIKA Batam, semoga yang demikian bisa tersambung hingga mencapai persahabatan (pintaku)

  71. saya lagi belajar biologi di UNRIKA Batam, semoga yang demikian bisa tersambung hingga mencapai persahabatan (pintaku)

  72. saya lagi belajar biologi di UNRIKA Batam, semoga yang demikian bisa tersambung hingga mencapai persahabatan (pintaku)

  73. saya lagi belajar biologi di UNRIKA Batam, semoga yang demikian bisa tersambung hingga mencapai persahabatan (pintaku)

  74. saya lagi belajar biologi di UNRIKA Batam, semoga yang demikian bisa tersambung hingga mencapai persahabatan (pintaku)

  75. saya lagi belajar biologi di UNRIKA Batam, semoga yang demikian bisa tersambung hingga mencapai persahabatan (pintaku)

  76. saya lagi belajar biologi di UNRIKA Batam, semoga yang demikian bisa tersambung hingga mencapai persahabatan (pintaku)

  77. saya lagi belajar biologi di UNRIKA Batam, semoga yang demikian bisa tersambung hingga mencapai persahabatan (pintaku)

  78. saya lagi belajar biologi di UNRIKA Batam, semoga yang demikian bisa tersambung hingga mencapai persahabatan (pintaku)

  79. saya lagi belajar biologi di UNRIKA Batam, semoga yang demikian bisa tersambung hingga mencapai persahabatan (pintaku)

  80. saya lagi belajar biologi di UNRIKA Batam, semoga yang demikian bisa tersambung hingga mencapai persahabatan (pintaku)

  81. saya lagi belajar biologi di UNRIKA Batam, semoga yang demikian bisa tersambung hingga mencapai persahabatan (pintaku)

  82. saya lagi belajar biologi di UNRIKA Batam, semoga yang demikian bisa tersambung hingga mencapai persahabatan (pintaku)

    1. Author

      Setuju bos! kalau ada perlu bantuan contact kita aja atau masuk ke Page FB BMC. Mungkin kita bisa bantu-bantu!

  83. makasii buat contoh soalx,,, :)

  84. pak mohon jawaban dari soal dibawah ini
    diketahui jumlah penduduk ada 10000 orang 20 % diantaranya golongan darah A dan 16 % golongan darah O berapa jumlah penduduk yang bergolongan darah A dan AB di daerah tsb

    1. Author

      Sori baru bisa jawab sekarang. Semoga masih setia memantau BMC ya. Sebenarnya lebih bagus masuk ke page BMC di Facebook saja. Tapi gak apalah tak coba jawab di sini.
      Hardy
      Kalau ada yang ditanyakan masuk Facebook aja ya :)

  85. bagus bgt web nya,,sangat membantu proses pembelajaran saya… terimakasih…:)

    1. Author

      Halo mbak Yohana, terimakasih atas comment-nya. Senang web ini bisa bermanfaat. Kalau ada ide bagus boleh berbagi di sini. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>