Cara mencari macam genotif dengan cepat

GALAU DAN GAK PEDE KARENA MUKA KUSAM DAN JERAWATAN?
Muka kusam, gelap, flek, gak bersih cerah memang membuat galau dan percaya diri hilang. Tapi gak usah kuatir, kita siap membantu kamu yang resah dengan kondisi wajah saat masih remaja. Kamu bisa tampil pede dengan muka bersih cerah menggoda.

KLIK DI SINI KALAU MAU KONSULTASI. FREE :)

Sudah dibaca 27407 kali

persilanganBiologi Media Centre – Dulu saya sudah menulis cara cepat menyilangkan tanpa mencari gamet dan menentukan F2 hanya dari gamet saja. Sekarang ada tips kecil tentang cara mencari jumlah genotif dan macam genotif dengan cepat.

Apa bedanya jumlah genotif dengan macam genotif? Ya beda. Bedanya apa? Ya baca terus saja.

 

Cara mencari macam genotif dengan cepat

Saya menulis posting ini karena ada request tentang penyelesaian soal persilangan berikut ini. Karena saya pikir bermanfaat untuk pembaca, maka saya menyempatkan diri menulis posting ini.

Oke, ini soalnya.

Misalnya disilangkan:

P   :   Aa Bb Cc Dd Ee   x   aa bb Cc DD ee

Pertanyaannya, berapa macam genotif yang mungkin terbentuk?

Jika kita menyilangkannya dengan mencari gametnya satu per satu tentu makan banyak waktu.

Langkah cepatnya begini: lihatlah induk pertama, gamet yang dibentuk ada 32, sedangkan induk satunya hanya membentuk 2 gamet. Ingat bahwa mencari gamet menggunakan rumus 2n, dimana n adalah jumlah alel yang heterozigot. Jadi total keturunan adalah 32 x 2 = 64. Lah, terus jumlah genotifnya berapa? Ya 64, karena jumlah genotif = jumlah keturunan.

Untuk mencari macam genotifnya dengan cepat perhatikan skema di bawah ini.

persilangan

Lihat baik-baik ya! Jika disilangkan antara alel Aa dengan aa, maka keturunannya adalah Aa dan aa (ingat prinsip dasar persilangan monohibrid). Kalau gak ngerti maksudnya baca dulu persilangan antar alel. Perhatikan bahwa macam genotifnya ada dua yaitu Aa dan aa. Sekarang lihat persilangan alel Cc dengan Cc, keturunannya adalah CC, 2Cc, dan cc. Perhatikan bahwa ada 3 macam genotif dengan jumlah genotif 4.

Nah jika semua alel disilangkan, hasilnya tampak seperti di atas. Lihatlah angka yang menunjukkan macam genotif hasil persilangan antar alel tersebut. Untuk memperoleh macam genotif yang terbentuk, tinggal kalikan saja angka-angka tersebut. Jadi yang kita peroleh adalah 2 x 2 x 3 x 2 x 2 = 48.

Jadi, simpulannya adalah: jumlah genotif ada 64, dan macam genotifnya ada 48. Mengapa begitu? Soalnya ada genotif yang sama.

Tags: biologi sma kelas xii genetika soal persilangan

Related Post "Cara mencari macam genotif dengan cepat"

Bioteknologi (3) : Eve, kloning manusia pertama
BMC –Era manusia super mungkin bakal segera
Bioteknologi (1) : Konsep dasar dan perkembangan
BMC - Bioteknologi adalah suatu teknik modern