Bila matahari padam, berapa lama makhluk di Bumi bisa bertahan?

Posted on
Posting ini sudah dibaca 13628 kali

Pernahkan Anda membayangkan bagaimana seandainya matahari padam?

Jikalau ini terjadi, (meskipun kecil kemungkinannya dan masih sangat lama) jangan membayangkan seperti memasukkan secangkir kopi panas ke dalam kulkas, dan berharap kopi tersebut langsung mendingin.

Demikian juga, seandainya matahari hanya "padam" maka Bumi masih akan tetap hangat, setidaknya selama beberapa juta tahun. Tapi penghuni permukaan Bumi akan merasa terjadi pendinginan yang lebih cepat.

Dalam seminggu, rata-rata suhu permukaan Bumi akan turun di bawah 0°F. Dalam setahun, itu akan turun menjadi -100°. Air laut di lapisan atas akan membeku, tetapi es yang membeku tersebut akan melindungi air jauh di bawahnya sehingga tidak membeku selama ratusan ribu tahun. Jutaan tahun setelah itu, planet kita akan mencapai suhu stabil -400°. Suhu ini merupakan suhu dari yang memancar dari inti Bumi, sama dengan panas yang dipancarkan Bumi ke ruang angkasa.

Diperkirakan beberapa mikroorganisme yang hidup di kerak bumi mampu bertahan, namun fotosintesis akan berhenti dengan segera, dan sebagian besar tanaman mati dalam beberapa minggu. Pohon-pohon besar, mungkin bisa bertahan selama beberapa dekade, karena bertahan dengan cara memperlambat metabolisme untuk menghemat cadangan gula hasil fotosintesis. Rantai makanan pada tingkat trofi bawah akan musnah karena kebanyakan hewan akan mati dengan cepat. Pemakan bangkai, dekomposer, dan detritus mampu bertahan hidup dari sisa-sisa hewan mati hingga hawa dingin membunuh mereka.

Seandainya memungkinkan, manusia bisa hidup dalam kapal selam di bagian terdalam dan ‘terpanas’ dari laut. Teknologi yang memungkinkan untuk menopang kehidupan adalah tenaga nuklir atau panas bumi.

Mungkin satu-satunya negara yang sudah siap bila matahari padam adalah Islandia. Negara kepulauan ini sudah menggunakan energi panas bumi untuk keperluan 87 persen rumah di sana. Hebatnya, sumber energi panas vulkanik ini bisa dimanfaatkan selama ratusan tahun.

Namun, yang menjadi masalah bila matahari padam ternyata bukan sekedar masalah panas. Matahari juga menjaga agar planet kita tetap pada orbitnya. Jika massa matahari tiba-tiba menghilang (dan ini sama sekali tidak mungkin), maka Bumi ini akan terbang terlontar, seperti bola yang berayun pada tali dan tiba-tiba dilepaskan.

Gravatar Image
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru / tentor pelajaran Biologi SMA. Ia juga seorang blogger aktif yang telah banyak menulis berbagai tutorial tentang blogging, komputer, dan teknologi. Karena kesibukannya mengurusi berbagai bisnis online, ia telah beristirahat dari kegiatan mengajar. Namun karena kecintaannya terhadap pelajaran Biologi, ia masih menyempatkan diri mengelola Biologi Media Centre ini.