Beginilah proses yang terjadi dalam perkembangan kepompong

Posted on
Posting ini sudah dibaca 4277 kali

Baru-baru ini sebuah team campuran antara entomologis dan geologis melakukan scanning terhadap kepompong kupu-kupu betina (Vanessa cardui) untuk mengetahui proses yang terjadi dalam perkembangan kepompong saat berlangsung metamorfosis. Proses scanning yang menghasilkan image tahap perkembangan kepompong tersebut dilakukan dengan menggunakan high resolution computer tomography (CT).

Ini merupakan langkah baru. Meskipun proses metamorfosis telah diketahui sejak lama, namun proses apa yang berlangsung dalam sebuah kepompong belum sepenuhnya diketahui. Banyak juga biologist yang telah menyelidiki proses metamorfosis pada kempompong, namun selama ini hanya dilakukan pada spesimen yang telah mati. Akibatnya tahap-tahap perkembangannya sulit untuk diketahui. Dengan menggunakan CT scans pada kepompong yang hidup memungkinkan mengetahui tahap-tahap perkembangan kepompong hingga menjadi kupu-kupu.

Berikut ini adalah image hasil CT scans yang menunjukkan proses yang terjadi dalam kepompong. Silahkan dicermati.

perkembangan_kepompong
Perkembangan kepompong

Anatomi internal dari V. cardui dalam bentuk kepompong. Warna biru adalah sistem trakhea, merah menunjukkan perkembangan usus, hijau adalah rongga udara, bagian orange adalah tubulus Malphigi (sistem ekskresi)

kepompong_kupu
Kepompong kupu

Kepompong (chrysalis) V. cardui yang berusia 16 hari, telah banyak menunjukkan ciri perkembangan seekor kupu-kupu.

Gravatar Image
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru / tentor pelajaran Biologi SMA. Ia juga seorang blogger aktif yang telah banyak menulis berbagai tutorial tentang blogging, komputer, dan teknologi. Karena kesibukannya mengurusi berbagai bisnis online, ia telah beristirahat dari kegiatan mengajar. Namun karena kecintaannya terhadap pelajaran Biologi, ia masih menyempatkan diri mengelola Biologi Media Centre ini.